Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, memiliki potensi yang besar di bidang perikanan dan produk pertanian, kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe Yufrizal. Di Lhokseumawe, Kamis, ia mengatakan, berdasarkan sisi geografis dan sumber daya alam, Kota Lhokseumawe, sangat berpotensi di bidang perikanan dan juga pertanian.

Dikatakan, potensi investasi di bidang perikanan, secara geografis karena sebagian besar wilayah Lhokseumawe berbatasan langsung dengan perairan dan selain memiliki lahan ikan tangkap, juga memiliki lahan ikan budidaya.

“Dengan melihat sumber daya alam tersebut, ini merupakan sebuah peluang besar terhadap peluang investasi di bidang tersebut, sehingga apabila dimanfaatkan akan memberikan dampak yang sangat baik terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah,” ujar Yufrizal.

Ia menambahkan, berbagai produk perikanan dapat dihasilkan dari sektor tersebut, bukan hanya dalam bentuk ikan segar, akan tetapi dalam bentuk produk olahan ikan lainnya.

“Sebagai contoh, ada pelaku usaha kuliner membutuhkan bahan baku berupa bandeng presto dalam jumlah besar. Akan tetapi tidak mampu disediakan sebagaimana permintaan pasar. Ini merupakan peluang jika melihat potensi yang ada di daerah,” ujarnya lagi.

Selain dari sektor perikanan, sektor lain yang tak kalah menariknya untuk berkembang di Lhokseumawe adalah pada sektor produk pertanian.

Hal itu didasarkan pada kondisi Lhokseumawe sebagai kota jasa dan perdangangan. Dimana, berbagai produk pertanian yang ada di sekitar wilayah itu dapat dimanfaatkan untuk dikembangkan perdagangannya di Lhokseumawe.

“Daerah lain di sekitar Lhokseumawe umumnya daerah agraris yang menghasilkan banyak komoditi. Dengan letak Lhokseumawe yang strategis dan memiliki akses perdangangan yang luas, dapat dimanfaatkan sebagai usaha jasa perdangangan terhadap berbagai produk pertanian dari daerah lain,” terang dia. (ANT)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.